Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /home/6/y/ynlmindonesia/www/wp-content/themes/Divi/includes/builder/functions.php on line 2723

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/6/y/ynlmindonesia/www/wp-content/themes/Divi/includes/builder/functions.php:2723) in /home/6/y/ynlmindonesia/www/wp-includes/feed-rss2.php on line 8
YNLM https://ynlmindonesia.com Yayasan Nurani Luhur Masyarakat Tue, 10 Dec 2019 09:29:49 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=6.2.5 https://ynlmindonesia.com/wp-content/uploads/2019/11/cropped-Logo-YNLM-png-32x32.png YNLM https://ynlmindonesia.com 32 32 World Children Day https://ynlmindonesia.com/2019/12/world-children-day/ Tue, 10 Dec 2019 09:29:46 +0000 https://ynlmindonesia.com/?p=309 The post World Children Day appeared first on YNLM.

]]>

WORLD CHILDREN DAY

Sebuah Moment Yang Memberikan Semangat Baru Kepada Anak-anak di Desa Bagan Serdang, Kecamatan Pantai Labu.

Hari Anak Sedunia atau World Children Day diciptakan untuk mengubah bagaimana masyarakat melihat dan memperlakukan anak-anak, juga meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan anak. Peringatan yang dilakukan setiap tanggal 20 November ini ingin mengingatkan kalau anak juga bagian dari lingkungan sosial dan harus diperlakukan sebagaimana mestinya.

Anak-anak foto bersama di Peringatan Hari Anak Sedunia di Bagan Serdang, 2 November 2019.

Sebagai bentuk keperdulian Yayasan Nurani Luhur Masyarakat (YNLM) kepada pertumbuhan dan perkembangan anak – anak di Indonesia maka YNLM memberikan dukungan kepada Sekolah Dasar Negeri 106448 Bagan Serdang dan Pemerintah Desa Bagan Serdang Kecamatan Pantai Labu untuk menyambut Peringatan Hari Anak Sedunia. Kerja sama tersebut diwujudkan melalui kegiatan Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun melalui pertunjukan panggung boneka dan demo cuci tangan pakai sabun.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu 2 November 2019 tersebut menarik banyak perhatian anak–anak dan juga masyarakat setempat, ditambah lagi bahwa belum pernah dilakukan kegiatan serupa di daerah tersebut. (wilda_ynlm)

The post World Children Day appeared first on YNLM.

]]>
Tradisi Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Desa Bagan Serdang, Desa Rantau Panjang, dan Desa Kelambir Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang. https://ynlmindonesia.com/2019/09/tradisi-perayaan-hari-kemerdekaan-indonesia-di-desa-bagan-serdang-desa-rantau-panjang-dan-desa-kelambir-kecamatan-pantai-labu-kabupaten-deli-serdang/ Sat, 14 Sep 2019 09:08:36 +0000 http://ynlmindonesia.com/?p=75 Perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang di rayakan setiap tanggal 17 Agustus merupakan momen perhelatan akbar bagi seluruh rakyat Indonesia. Perayaan ini berlangsung hikmat pada prosesi upacara dan dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan beragam, unik dan mengandung nilai-nilai kemerdekaan. Penyambutan hari ulang tahun RI yang ke -74 tahun, berlangsung meriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Berbagai perlombaan dilaksanakan […]

The post Tradisi Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Desa Bagan Serdang, Desa Rantau Panjang, dan Desa Kelambir Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang. appeared first on YNLM.

]]>
Perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang di rayakan setiap tanggal 17 Agustus merupakan momen perhelatan akbar bagi seluruh rakyat Indonesia. Perayaan ini berlangsung hikmat pada prosesi upacara dan dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan beragam, unik dan mengandung nilai-nilai kemerdekaan. Penyambutan hari ulang tahun RI yang ke -74 tahun, berlangsung meriah seperti tahun-tahun sebelumnya.

Berbagai perlombaan dilaksanakan menjelang dan sesudah hari kemerdekaan, oleh seluruh warga Indonesia, tidak terkecuali masyarakat Desa Bagan Serdang, Desa Rantau Panjang dan Desa Kelambir Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. Setiap masyarakat desa melebur bersama merayakan berbagai perlombaan yang dikemas menarik dan penuh nilai perjuangan sesuai tradisi di daerah masing-masing.  

Siswa SDN 105336 Desa Kelambir ikut memperingati HUT RI melalui berbagai perlombaan di sekolah pada 15 Agustus 2019.

 Desa Bagan Serdang,  memiliki kesamaan dengan Desa Kelambir memeriahkan perayaan tahun ini dengan gerak jalan seluruh elemen masyarakat yang diikuti dengan beberapa lomba menarik lainnya, namun yang membedakan tahun ini Desa Bagan Serdang lebih variatif dengan perlombaan sepeda hias, dan perlombaan kostum unik yang memuat kearifan lokal. Desa Rantau Panjang juga turut merayakan dengan membuat perlombaan untuk anak-anak seperti balap karung dan bermain bola. Kemeriahan ini juga diramaikan sekolah- sekolah di desa diantaranya SD Negeri 106448 Bagan Serdang, SD Negeri 101928, SD Negeri 105336 yang merayakan dengan upacara dan perlombaan edukatif yang mengedepankan nilai kecepatan, kerjasama, dan sportifitas.

 Yayasan Nurani Luhur masyarakat , sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat yang bermitra dalam proses peningkatan kualitas kesehatan, Pendidikan, ekonomi masyarakat ikut merayakan dan berpartisipasi dalam kegiatan ini bersama masyarakat desa setempat. Di dalam proses perencanaan proyek jangka Panjang yang dilakukan opleh            

  Yayasan Nurani Luhur Masyarakat di Kecamatan Pantai Labu, tidak dapat dipungkiri telah terbangun  komunikasi dan hubungan yang baik antara staff yang tinggal di desa dengan masyrakat. Oleh sebab itu, partisipasi YNLM di dalam kegiatan peringatan HUT RI di Desa Kelambir, Bagan Serdang dan Rantau Panjang sangat diharapkan oleh masyarakat. Keterlibatan YNLM dalam kegiatan seperti  menjadi panitia lomba serta peserta lomba juga turut menyemarakkan kegiatan 17 Agustus-an di Kecamatan Pantai Labu. Perlombaan diantaranya sepeda hias, tarik tambang, Pakaian Unik, Sepak bola terong, kelereng estafet dan lain-lain menjadi permainan yang digemari, khususnya lomba Panjat Pinang menjadi primadona dan tontonan favorit warga.  Perlombaan ini membangkitkan nilai semangat kerjasama, pantang menyerah, dan kreatifitas

The post Tradisi Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia di Desa Bagan Serdang, Desa Rantau Panjang, dan Desa Kelambir Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang. appeared first on YNLM.

]]>
Pawai HUT NKRI-74 Helvetia Tengah : Mewujudkan Hidup Bermartabat Bagi Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) https://ynlmindonesia.com/2019/09/pawai-hut-nkri-74-helvetia-tengah-mewujudkan-hidup-bermartabat-bagi-orang-dengan-gangguan-jiwa-odgj/ Sat, 14 Sep 2019 09:03:26 +0000 http://ynlmindonesia.com/?p=70 Pengakuan atas martabat alamiah dan hak-hak yang sama dan mutlak dari semua anggota keluarga manusia adalah dasar kemerdekaan, keadilan dan perdamaian di dunia sebagaimana dituliskan dalam Pernyataan Umum tentang Hak Asasi Manusia (HAM). Pernyataan ini juga menjadi dasar dalam perjuangan hak-hak penyandang disabilitas, termasuk disabilitas mental (gangguan jiwa). Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Medan, kelurahan […]

The post Pawai HUT NKRI-74 Helvetia Tengah : Mewujudkan Hidup Bermartabat Bagi Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) appeared first on YNLM.

]]>
Pengakuan atas martabat alamiah dan hak-hak yang sama dan mutlak dari semua anggota keluarga manusia adalah dasar kemerdekaan, keadilan dan perdamaian di dunia sebagaimana dituliskan dalam Pernyataan Umum tentang Hak Asasi Manusia (HAM). Pernyataan ini juga menjadi dasar dalam perjuangan hak-hak penyandang disabilitas, termasuk disabilitas mental (gangguan jiwa).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Medan, kelurahan Helvetia Tengah merupakan kelurahan dengan tingkat Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) tertinggi di kota Medan. Sebagai langkah awal untuk meningkatkan pelayanan kesehatan jiwa kepada masyarakat, pihak kelurahan bekerjasama dengan Puskesmas Helvetia telah melantik 10 orang Kader Kesehatan Jiwa Masyarakat sebagai ujung tombak pelaksanaan kegiatan kesehatan jiwa berbasis masyarakat. 

Melalui program kunjungan rumah, para kader menemukan beberapa fakta tentang ODGJ yang terlantar, ODGJ yang mendapat kekerasan, ODGJ yang mendapatkan pelecehan, juga ODGJ yang mendapat perlakuan diskriminatif. Belum lagi adanya ODGJ yang dipasung atau dikurung di ruangan apabila sewaktu-waktu ODGJ kambuh. Di sisi lain, hak-hak dasar ODGJ juga belum terpenuhi seperti hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan (perawatan dan pengobatan), hak untuk dilindungi dan hak untuk mendapatkan penghidupan yang layak. 

Momen perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-74 merupakan momen yang sangat penting untuk kembali menyuarakan kemerdekaan bagi semua orang, termasuk kemerdekaan bagi ODGJ. Sebab memperjuangkan hak-hak ODGJ bukan hanya tanggung jawab keluarga, bukan pula hanya tugas para Kader, namun tanggung jawab semua pihak terkait. Sehingga, aksi menyuarakan kemerdekaan ODGJ diselenggarakan melalui pawai bersama dari pihak Kelurahan Helvetia Tengah beserta pegawai dan perangkat kelurahan, pihak Puskesmas Helvetia yang terdiri dari dokter dan pegawai penanggung jawab program kesehatan jiwa, unsur TNI dari Babinsa, unsur kepolisian dari Bhabinkamtibmas, para ODGJ dan keluarga, juga masyarakat sekitar. 

Setelah aksi pawai sehat jiwa, panitia menyelenggarakan beberapa perlombaan yang diikuti oleh para ODGJ, keluarga, tim kesehatan jiwa, para pegawai kelurahan dan pegawai Puskesmas. Perlombaan seperti lomba menyanyi, lomba main catur, lomba makan kerupuk, lomba lari goni diharapkan dapat menumbuhkan semangat berkompetisi secara sehat di dalam diri para ODGJ. 

“ODGJ mempunyai hak yang sama dengan kita, dan ini merupakan kegiatan yang positif, dan sebenarnya selama ini mereka (ODGJ) ingin bergabung dengan masyarakat, ternyata dikesampingkan, ternyata setelah kita lihat di acara ini, mereka mampu untuk bernyanyi dengan gembira, dan belum pernah terjadi selama ini” demikian disampaikan oleh Barita Laut, Lurah Helvetia Tengah disela-sela perlombaan.

Serangkaian acara ini ternyata mampu menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa ODGJ memiliki kemampuan dan potensi, bahkan setiap ODGJ memiliki kesempatan untuk hidup sehat dan kembali produktif di masyarakat. Selama ini ODGJ dipandang sebelah mata atau tidak berguna, bahkan dianggap aib keluarga dan masyarakat. 

Upaya-upaya memperjuangkan hak-hak ODGJ tidak cukup hanya melalui aksi ini saja. Diharapkan akan ada tindak lanjut berupa aksi nyata dari semua pihak. Sebagai kelompok yang rentan dan termarjinalkan, tentu ODGJ membutuhkan bantuan semua pihak untuk memperoleh kemerdekaan. Mulai dari pemenuhan hak-hak dasar hingga pemenuhan hak dalam mengaktualisasikan diri di masyarakat

The post Pawai HUT NKRI-74 Helvetia Tengah : Mewujudkan Hidup Bermartabat Bagi Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) appeared first on YNLM.

]]>
Pekan ASI Sedunia, YNLM menggandeng AIMI Sumut melakukan Focus Group Discussion Seputar Gizi https://ynlmindonesia.com/2019/09/pekan-asi-sedunia-ynlm-menggandeng-aimi-sumut-melakukan-focus-group-discussion-seputar-gizi/ Sat, 14 Sep 2019 08:58:26 +0000 http://ynlmindonesia.com/?p=66 Memperingati Pekan ASI Sedunia (PAS) 2019, Yayasan Nurani Luhur Masyarakat (YNLM) bekerja sama dengan Asosiasi Ibu Menyusu (AIMI) dan Ayah ASI Cabang Sumatera Utara mengadakan kegiatan Focus Group Discussion atau Diskusi Kelompok Terarah seputar tentang Gizi dan ASI pada masyarakat dampingan. Sejak Januari 2019, YNLM melakukan proses tahapan awal dengan melakukan penelitian dan pengkajian tentang […]

The post Pekan ASI Sedunia, YNLM menggandeng AIMI Sumut melakukan Focus Group Discussion Seputar Gizi appeared first on YNLM.

]]>
Memperingati Pekan ASI Sedunia (PAS) 2019, Yayasan Nurani Luhur Masyarakat (YNLM) bekerja sama dengan Asosiasi Ibu Menyusu (AIMI) dan Ayah ASI Cabang Sumatera Utara mengadakan kegiatan Focus Group Discussion atau Diskusi Kelompok Terarah seputar tentang Gizi dan ASI pada masyarakat dampingan.
Sejak Januari 2019, YNLM melakukan proses tahapan awal dengan melakukan penelitian dan pengkajian tentang kondisi sosial masyarakat di Desa Kelambir, Desa Bagan Serdang dan Desa Rantau Panjang yang termasuk wilayah Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Penelitian ini untuk mendapatkan gambaran holistik terkait kesehatan, Pendidikan dan ekonomi masyarakat. Hasil temuan-temuan yang diperoleh melalui metode partisipatif ini selanjutnya menjadi dasar dalam perencanaan project pemberdayaan masyarakat di Pantai Labu.

Fasilitator Hery Firdaus dari AIMI melakukan penggalian informasi seputar Gizi dan ASI dari peserta Diskusi Kelompok Terarah di Kantor Camat Pantai Labu tanggal 6 Agustus 2019

Fasilitator Hery Firdaus dari AIMI melakukan penggalian informasi seputar Gizi dan ASI dari peserta Diskusi Kelompok Terarah di Kantor Camat Pantai Labu tanggal 6 Agustus 2019Kegiatan diskusi kelompok terarah seputar gizi balita dengan fokus ASI yang dilaksanakan pada tanggal 6 dan 7 Agustus 2019 bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi dari peserta yang terdiri dari ibu hamil, ibu menyusui, kader posyandu, ibu balita dan kaum bapak yang memiliki perhatian terhadap gizi bayi dan baduta (bayi usia 0 – 24 bulan)

Lima orang utusan dari AIMI, 3 orang dari Unit Pelaksana Teknis Kesehatan Pantai Labu, 1 orang dari pemerintah kecamatan, dan 68 masyarakat ikut menghadiri kegiatan diskusi kelompok terarah tersebut. Kegiatan dimulai dengan pembukaan dari Ketua Yayasan Nurani Luhur Masyarakat, Jesmon Barutu yang menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan kerjasama baik dari pemerintah dan masyarakat terhadap YNLM di Desa Kelambir, Bagan Serdang dan Rantau Panjang. Selanjutnya, kata sambutan oleh perwakilan Kecamatan Pantai Labu Bapak Mariadi yang menyambut baik kegiatan serta menyatakan kesediaan dan kesiapan mendukung kegiatan YNLM untuk memajukan masyarakat desa di Kecamatan Pantai Labu.

Salah seorang peserta FGD memaparkan peta desa yang memperlihatkan posisi rumah ibu hamil pada kegiatan FGD Seputar Gizi dan ASI dalam rangka Pekan ASI Sedunia di Kecamatan Pantai Labu, 6 Agustus 2019

Kegiatan diskusi kelompok ini diselenggarakan dalam dua hari dengan kelompok peserta yang berbeda, dimana hari pertama diskusi kelompok khusus ditujukan kepada kaum ibu, sedangkan hari kedua ditujukan khusus untuk kaum bapak. Pengelompokkan dilakukan untuk mendukung proses penggalian informasi dan diskusi lebih terbuka, terfokus dan nyaman serta disesuaikan dengan kebutuhan informasi kelompok bapak dan ibu. Diskusi ini melibatkan Hery Firdaus, seorang konselor ASI dari AIMI dan Ayah ASI yang berperan sebagai fasilitator selama diskusi berlangsung. Proses penggalian pada Diskusi hari pertama 6 Agustus 2019, menemukan informasi tentang kebiasaan menyusu di desa, masalah-masalah yang dihadapi ibu dalam menyusui dan cara mengidentifikasi secara kuantitas data ibu hamil, ibu menyusui, ibu yang memiliki bayi dan balita yang tertuang melalui peta desa yang dipetakan bersama oleh peserta. Proses diskusi yang berdurasi kurang lebih 2 jam juga mengakomodir pertanyaan peserta melalui sesi tanya jawab seputar Inisisasi Menyusu Dini, Kolostrum dan posisi perlekatan yang benar dalam menyusui.

Salah seorang peserta FGD memaparkan peta desa yang memperlihatkan posisi rumah ibu hamil pada kegiatan FGD Seputar Gizi dan ASI dalam rangka Pekan ASI Sedunia di Kecamatan Pantai Labu, 6 Agustus 2019Diskusi kelompok bapak pada hari kedua 7 Agustus 2019, berlangsung di Kantor Desa Bagan Serdang. Acara dihadiri oleh 18 peserta mendapatkan informasi seputar gizi anak dan ASI dari perspektif bapak yang memiliki peran sebagai suami, mertua atau masyarakat yang perduli terhadap gizi bayi) dan penyampaian fasilitator untuk memperkaya peserta dalam pengetahuan tentang gizi anak dan ASI serta pesan khusus untuk mendukung ibu dalam menyusui dalam kaitan meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak

The post Pekan ASI Sedunia, YNLM menggandeng AIMI Sumut melakukan Focus Group Discussion Seputar Gizi appeared first on YNLM.

]]>